Peran Teknologi dalam Perkembangan visual Effect

Peran teknologi dalam perkembangan visual effect tidak dapat diragukan lagi, bahkan sampai sekarang dalam pembuatan sebuah visual effect kita tidak dapat lepas dari yang namanya teknologi, mulai dari proses perancangan hingga proses akhir semua membutuhkan teknologi di segala aspeknya.

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya tanya teknologi apa saja sih yang di butuhkan dalam prosesnya? Dan bagaimana penerapannya dari masa ke masa. Oke langsung kita bahas tuntas semuanya!

Daftar isi
1. Komputer sebagai perangkat manipulasi
2. Kamera sebagai perekam gambar bergerak
3. Software sebagai sistem manipulasi

1. Komputer

Hal pertama yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan sebuah visual effect adalah komputer . Karena Komputer merupakan alat dimana kita akan melakukan proses manipulasi atau menambahkan suatu komponen tertentu terhadap hasil rekaman yang kita miliki.

Computer old vs new credit : AvoidErrors channel
Sumber : youtube.com, Diupload oleh AvoidErrors channel

Komputer pertama yang digunakan untuk melakukan proses manipulasi visual effect adalah komputer generasi keempat yang telah diciptakan sejak tahun 1970-an dan menggunakan teknologi Bipolar large scale intergration yang merupakan teknologi tercanggih pada masa itu. Karena, pada masa itu komputer generasi keempat telah memiliki user interface dan mampu membuat, melakukan proses instalasi, dan mengoperasikan sebuah software untuk proses editing dan lainnya, berbeda dari generasi sebelumnya yang memiliki versi yang lebih jadul dan keterbatasan sistem, tidak memiliki user interface dan hanya digunakan dalam proses perhitungan matematika dan pengelolaan data.

Seperti yang kita tahu perkembangan komputer sudah sangat jauh berkembang dan kemampuan manusia dalam menghasilkan teknik visual effect terbaru sudah sangat meningkat, maka dari itu penguasaan terhadap teknologi sangat penting bagi orang yang berkecimpung di bidang ini.

Komputer yang digunakan dalam proses editing juga tidak sembarangan, karena harus memenuhi spesifikasi untuk mampu menjalankan software-software editing yang rata-rata sangat berat dan memerlukan performa komputer yang tinggi , jadi jika komputer kalian tidak memenuhi spesifikasi, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada komputer itu sendiri karena kinerja yang terlalu dipaksakan, dan buruknya kualitas visual effect yang dihasilkan kedepannya.

2. Kamera

Yang kedua ada kamera, tepatnya sih, alat ini digunakan sebelum proses manipulasi dilakukan atau saat pengambilan gambar bergerak. Apa sih pentingnya alat ini dalam penerapan visual effect? Tentunya sangat penting dong! Dengan menggunakan kamera yang berkualitas baik, maka kita mampu menangkap gambar dengan kualitas yang baik pula.

camera old vs new credit : flicker.com
Sumber : flicker.com

Apa lagi pada saat ini, banyak kamera yang sudah dilengkapi dengan AI ( Artificial Intelligence ), yang membuat proses penangkapan gambar menjadi lebih baik dan lebih mudah di proses saat manipulasi berlangsung. Seperti kecerdasan kamera untuk mengenali cahaya, hal itu sangat dibutuhkan agar perbedaan cahaya yang terjadi, tidak mempengaruhi hasil dari penerapan visual effect yang akan diberikan. Berbeda dengan kamera jadul yang hanya bisa menangkap rekaman dengan warna hitam putih saja.

Akan tetapi kamera tidak dibutuhkan apabila film atau video yang ingin dibuat sepenuhnya adalah animasi. Karena dalam prosesnya yang sepenuhnya menggunakan komputer untuk animasi 3D, sedangkan untuk animasi 2D lebih banyak pada proses menggambar diatas kertas dan proses scanning setelah gambar dibuat.

3. Software

Yang ketiga adalah software, hal yang satu ini memang menjadi fokus utama bagi para profesional, karena saat ini teradapat banyak sekali software yang memiliki kelebihan tersendiri untuk ditawarkan. Dan banyak sekali para developer yang mengembangkan software mereka agar menjadi yang terbaik di pasaran. Pemilihan software sangat penting bagi kamu yang sedang menggeluti bidang ini. Karena dengan memilih software yang salah, kamu justru akan kewalahan ketika software tersebut telah berhenti dikembangkan atau di update sehingga kamu harus mencari software lainnya untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru.

blender video editing
Sumber : forum.level1techs.com

Berbeda dengan Software jadul, yang penggunaannya hanya terbatas pada proses cutting dan effect-effect sederhana, sedangkan saat ini software telah mampu mengerjakan effect-effect yang rumit dan lebih detail. Hal itu berdampak pada perkembangan grafis visual effect dari tahun ke tahun yang semakin terlihat realistis.

Jadi untuk kamu yang ingin belajar tentang visual effect harus memperhatikan aspeka-aspek diatas ya! Karena setiap aspek yang baik akan sangat membantu dalam proses pembuatan karaya mu.
Jika salah satu dari aspek tidak terpenuhi, mungkin karya yang kamu hasilkan akan kurang maksimal. Jadi, Jangan lupa untuk mempelajari teknologi, khususnya yang digunakan untuk proses pembuatan visual effect, karena penguasaan teknologi menjadi suatu kewajiban dalam bidang ini.

Sekian artikel dari gue semoga dapat memberikan pengetahuan lebih terhadap kalian. Untuk kritik dan saran bisa kirim ke email : andikawiratana@gmail.com dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar berupa reaksi kalian setelah membaca artikel ini yah! Gue Andika sang penulis, salam untuk kalian semua dan maju terus dunia Blogging Indonesia.

Bye bye ………..!!!

2 thoughts on “Peran Teknologi dalam Perkembangan visual Effect

Leave a comment