Peluang Kerja di Bidang Visual Effect

Siapa sih yang mau menolak sebuah tawaran pekerjaan, dan untuk apa mempelajari seseuatu kalo tidak adanya peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Mungkin banyak dari kalian yang berpikir profesi apa saja yang dapat kita geluti jika mempelajari visual effect? Ternyata banyak banget!

Siapa sangka kebutuhan indonesia akan tayangan-tayangan menarik sangatlah tinggi, bayangkan dalam situs filmindonesia terhitung total jumlah penonton pada seluruh film indonesia yang di putar di bioskop pada sepanjang tahun 2019 ini sebesar 22.429.172 orang.

Wow sangat fantastis bukan, nilai tersebut belum mencakup data dari film-film mancanegara yang pastinya jauh lebih banyak. Karena hal tersebut kebutuhan akan sumber daya manusia yang menguasai bidang ini sangat tinggi dan membuka kesempatan bagi kamu untuk menjadi salah satu dari mereka.

Berikut pekerjaan yang dapat kamu jalani jika kamu menguasai proses pembuatan visual effect.

Daftar isi
1. Vfx artist
2. Animator
3. Concept artist
4. Vfx producer
5. Vfx supervisor

1. vfx artist

visual fx artist
Sumber nDreams.com

Vfx artist merupakan pekerjaan yang mengharuskan kamu bekerja dilokasi syuting, pekerjaan ini paling banyak memakan waktu dan sangat. Jadi kamu gak boleh setengah dalam bekerja. Berikut tugas yang harus diemban seorang vfx artist dilansir dari jobhero.com.

Membuat motion graphics dan animasi
Seorang vfx artist harus memiliki keterampilan untuk membuat grafis gerak dengan menggunakan model 3D atau 2D. Mereka dituntut konsisten dan tepat waktu dalam pengerjaannya.

Membuat visual effect
Hal ini memang pekerjaan utama mereka, untuk mampu menciptakan visual effect yang realistis dengan menggunakan sprite,animasi dan masih banyak bahan lainnya.

Mengatur pengoprasian peralatan
Seorang Vfx artist harus mampu mengatur peralatan berupa kamera, lampu, dan mikrofon agar mendapat hasil rekaman terbaik.

Bekerja sama dengan tim
Mampu bekerja sama dengan tim untuk menciptakan aset visual.

Mengatur anggaran projek
Anggaran projek merupakan tugas dan tanggung jawab dari Vfx artist, fungsinya untuk mengatur biaya agar tidak melebihi rencana yang sudah ditetapkan.

2. Animator

Sumber : webwriterspotlight.com

Animator merupakan salah satu pekerjaan yang dapat kamu geluti jika telah menguasai visual effect. Karena tugas yang dimilki animator rata-rata sama, mulai dari modeling objek, hingga membuat objek tersebut bergarak. Animator tidak perlu turun langsung ke lapangan karena tugasnya yang hanya dilakukan setalah proses rekaman selesai.

Modeling objek
Modeling objek yaitu membuat sebuah objek atau karakter yang akan digunakan sebagai penyusun dalam animasi yang akan dibuat

menciptakan siklus pergerakan pada objek
Membuat objek tersebut bergerak sesuai script yang telah diberikan merupakan salah satu tugas animator. Untuk membuat objek bergerak terlihat nyata dibutuhkan imajinasi dan pengalaman yang kuat.

3. Concept artist

Sumber : platinumgames.com

Pekerjaan ini lebih kepada keahlian kalian dalam merancang dan memperhitungkan sesuatu mengenai visual effect. Mereka membuat konsep secara universal mengenai media, tim, dan cara tim tersebut berkolaborasi. Berikut tugas yang harus mereka lakukan.

Membuat konsep gambar
Tugas ini mengharuskan kamu untuk membuat konsep gambar untuk karya seni, termasuk dalam media perfilman, video game, iklan dan kampanye pemasaran.

Merancang spesifikasi design
Memperhitungkan dan merancang spesifikasi design untuk digunakan oleh animator atau vfx artist dalam proses pengerjaan.

Kolaborasi
Concept artist dituntut untuk dapat berkolaborasi dan bekerja sama dengan seluruh perangkat produksi.

Digital preparation
Untuk pekerjaan yang satu ini kalian harus mempersiapkan segala sesuatu baik digital ataupun fisik untuk membuat sebuah visual effect. Biasanya kalian akan diminta untuk mempersiapkan file-file arsip atau bahan yang dibutuhkan oleh animator dan vfx artist dalam proses pengerjaannya dan kalian harus mampu mempersiapkan software-software juga kebutuhan lainnya terkait proses produksi.

4. Vfx producer

Sumber : StartNow.com

Vfx producer bertugas mengelola seluruh proses pembuatan visual effect. Mereka bertanggung jawab akan kesesuaian dan kepuasan yang diinginkan pelanggan. Mereka juga melakukan rapat dengan staf-staf lainnya untuk bekerja sama dalam proses pembuatan dan penekanan anggaran bersama concept artist. Sederhananya vfx producer adalah orang yang memimpin proses produksi sebuah film atau tayangan yang menggunakan vfx sebagai salah satu bagian dari adegannya.

5. Vfx supervisor

Sumber : BorisFx.com

Dalam pekerjaan ini kalian bertugas melakukan pengawasan terhadap jalannya proses produksi. Karena pada pekerjaan ini kalian diharuskan untuk membuat hasil pekerjaan sesuai dengan hasil rapat staf yang telah diputuskan. Jadi kalian harus hati-hati dan selalu siap siaga mengawasi proses produksi teman teman.

Dari beberapa pekerjaan diatas mungkin salah satunya cocok bagi kalian walaupun tidak semua pekerjaan telah disebutkan, daftar diatas merupakan pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan saat ini teman-teman.

Jadi mulailah mempelajari dengan sungguh sungguh agar kalian dapat menggapai mimpi kalian dan jangan pernah putus asa apabila kalian mendapatkan kendala dalam proses belajar kalian. Karena setiap orang yang sukses selalu bangun disaat saat paling terpuruknya. Jadi saatnya bangun dan mulai belajar untuk masa depan diri sendiri, juga masa depan bangsa.

Sekian artikel dari gue semoga dapat memberikan pengetahuan lebih terhadap kalian. Untuk kritik dan saran bisa kirim ke email : andikawiratana@gmail.com dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar berupa reaksi kalian setelah membaca artikel ini yah! Gue Andika sang penulis salam untuk kalian semua dan maju terus dunia Blogging Indonesia.

Bye bye ………..!!!

Leave a comment